Dalam Penyelenggaraan penegakan Perda dan Perkada oleh Satpol PP dilaksanakan sesuai dengan standar operasional prosedur dan kode etik Polisi pamong praja.

KODE ETIK POLISI PAMONG PRAJA

Polisi Pamong Praja Kota Bontang dalam melaksanakan Penegakan Perda dan Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat harus sesuai dengan Peraturan Perundang – Undangan Yang berlaku.

Polisi Pamong Praja Kota Bontang dalam melaksanakan penegakan Perda dan Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan ketentraman Masyarakat, tidak boleh melanggar hak asasi manusia (HAM) dan menyalahgunakan wewenang.

Polisi Pamong Praja Kota Bontang, dilarang melakukan tindak pidana ringan maupun tindak pidana berat.

Polisi Pamong Praja Kota Bontang, dilarang melakukan tindakan yang dapat menyebabkan citra Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bontang tercemar.

Polisi Pamong Praja Kota Bontang, dilarang melakukan kegiatan bersama dengan atasan, teman sejawat, bawahan dan atau orang lain didalam maupun diluar lingkungan kerjanya dengan tujuan untuk kepentingan pribadi,golongan atau pihak lain yang secara langsung atau tidak langsung merugikan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bontang.